Mengatasi Diare / Diare Akut & Pengobatannya

Pengenalan

Diare (atau dalam bahasa kasar disebut menceret) (BM = diarea; Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus-menerus dan tinja atau feses yang masih memiliki kandungan air berlebihan. Di Dunia ke-3, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 1,5 juta orang per tahun.

Penyebab
Diare dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), memakan makanan yang asam,pedas,atau bersantan secara berlebihan, dan kelebihan vitamin C dan biasanya disertai sakit perut, dan seringkali mual dan muntah. Ada beberapa kondisi lain yang melibatkan tapi tidak semua gejala diare, dan definisi resmi medis dari diare adalah defekasi yang melebihi 200 gram per hari. Diare juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, terutama dalam seseorang yang tidak cukup makan.

Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Dalam kondisi hidup yang bersih dan dengan makanan mencukupi dan air tersedia, pasien yang sehat biasanya sembuh dari infeksi virus umum dalam beberapa hari dan paling lama satu minggu. Namun untuk individu yang sakit atau kurang gizi, diare dapat menyebabkan dehidrasi yang parah dan dapat mengancam-jiwa bila tanpa perawatan.

Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti disentri, kolera atau botulisme, dan juga dapat menjadi indikasi sindrom kronis seperti penyakit Crohn. Meskipun penderita apendisitis umumnya tidak mengalami diare, diare menjadi gejala umum radang usus buntu.

Pengobatan Diare Untuk Orang Dewasa
Diare bisa dicegah dengan obat-obatan seperti Entrostop & Diapet. Entrostop adalah obat antidiare yang mengandung Attapulgite dan Pectin, yang dapat lansung menghentikan diare dengan cepat. Sedangkan Diapet menggunakan bahan-bahan alami yang reaksinya tidak secepat Entrostop.

Oralit (larutan) dibutuhkan untuk diare kategori akut atau parah untuk mencegah dehidrasi. Larutan ini sering disebut rehidrasi oral. Larutan ini mempunyai komposisi campuran Natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat dan natrium bikarbonat. Larutan rehidrasi oral ini mempunyai nama generik oralit dan larutan ini sekarang dijual dengan berbagai merek dagang seperti Alphatrolit®, Aqualyte®, Bioralit® dan Corsalit®.

Bila tidak ada oralit, dapat juga digunakan larutan gula-garam, yaitu dua sendok teh gula dan setengah sendok teh garam dapur dilarutkan ke dalam satu gelas air matang.

Pengobatan Diare Untuk Anak & Balita
Seorang bayi yang baru lahir umumnya akan buang air besar sampai lebih dari sepuluh kali sehari, dan bayi yang lebih besar akan mempunyai waktu buang air sekitar 2 hingga 3 kali sehari atau bahkan hanya 2 kali dalam seminggu. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui apa yang normal untuk anak Anda dari kebiasaan buang air besar mereka.

Diare pada anak biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Pengobatan diare lebih ditujukan untuk mengobati gejala yang ada dan mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Anak atau balita harus diberikan minum yang dicampur dengan larutan oralit (atau larutan gula & garam) dan tetap diberikan ASI (Air Susu Ibu).

Diare pada balita dapat disembuhkan hanya dengan meneruskan pemberian makanan atau minuman serta cairan yang cukup. Yang perlu diingat, pengobatan diare bukanlah memberikan obat untuk menghentikan diare karena diare sendiri merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kontaminasi makanan dari usus. (Dirangkum dari berbagai sumber & pengalaman pribadi)

No comments:

Post a Comment