Mengatasi Wasir (Ambeien) & Pengobatannya


Pengenalan

Wasir, atau sering disebut ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan.

Penyebab

Dalam beberapa kasus, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil.

Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Gejala

Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia.

Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.

Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari wasir. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien,dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani.

Pengobatan

Cara mudah mengobati wasir adalah duduk berendam dalam air hangat. Lakukan hal ini sesering mungkin, dan sebaiknya dilakukan setelah buang air besar. Siapkan sebuah baskom atau ember yang bisa Anda duduki dan isikan dengan air panas  (40 - 60 derajat celsius) secukupnya. Air panas berfungsi untuk mencairkan pengumpalan darah yang beku. Hal ini sudah terbukti efektif dan dari pengalaman saya pribadi, wasir saya bisa kempes dari yang besarnya sudah segede gundu. Pengompresan dengan kemiri juga bisa dilakukan sebagai alternatif pengobatan tradisional.

Bila wasir sudah sangat sakit, gatal dan berdarah terus, Anda bisa mengolekan salep obat bius lokal. Salep terdapat banyak jenis dari yang mahal hingga murah. Salah satu contohnya bisa memakai Emla 5%. Untuk merek lainnya bisa ditanyakan ke apotik terdekat. Dengan bantuan salep, Anda kan bisa duduk dengan nyaman dan tidur lebih nyenyak tanpa rasa-rasa sakit atau gatal yang mengganggu.

Obat seperti Ambeiven yang banyak dijual bebas bisa membantu meringankan wasir, tetapi hanya pada kasus wasir yang ringan saja. Kalau untuk kasus yang parah, obat ini tidak akan banyak membantu. Tapi Anda boleh-boleh saja mencoba memakainya sebagai alternatif, mana tahu Anda cocok dan bisa meringankan wasir Anda.

Selama pengobatan hindari makanan yang bersifat panas seperti kambing, makanan pedas (sambal), dan goreng-gorengan. Jangan sesekali Anda tergiur, kalau tidak pengobatan Anda akan sia-sia. Makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan adalah buah-buahan, khususnya buah tomat. Air kelapa atau minyak kelapa bisa juga membantu proses penyembuhan.

Kalau semua cara di atas dilakukan, biasanya dalam 1 minggu sudah terlihat efek positifnya dan dalam waktu 1 bulan, kemungkinan wasir Anda sudah bisa sembuh. Bila ternyata belum, sebaiknya tindakan operasi di rumah sakit harus dilakukan karena wasir Anda pasti tergolong yang parah atau ada makanan yang Anda konsumsi bisa membuat wasir kembali terus. (Dirangkum dari berbagai sumber & pengalaman pribadi)

7 comments:

  1. Ingin berbagi info.
    Banyak kesaksian bahwa wasir bisa di atasi atau di obati dengan propolis.

    Propolis dikumpulkan oleh lebah dari getah-getah pohon terutama pohon poplar, kemudian dicampur dengan cairan dari lebah dan digunakan untuk melindungi sarang dan koloni lebah dari bahaya virus, bakteri, dan jamur, juga berfungsi untuk menambal sarang yang retak. Sarang lebah menurut penelitian merupakan tempat hunian paling steril di dunia.

    Propolis berasal dari bahasa Yunani yang berarti: Sistem Pertahanan Kota.

    Fungsi Propolis bagi kesehatan manusia adalah sebagai:
    1. Antibiotika Alami (anti infeksi, antimikrobial seperti virus, bakteri, dan jamur)
    2. Anti radang
    3. Anti Alergi
    4. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    5. Meningkatkan imunitas dan Daya tahan Tubuh
    6. Nutrisi yang lengkap (memperbaiki dan mempercepat regenerasi sel)
    7. detoksifikasi (membuang racun dari dalam tubuh)

    Kandungan bioflavonoidnya yang tinggi (1 tetes propolis setara dengan yang terkandung pada 500 buah jeruk) sangat berperan pada perbaikan sistem kapilari dan memperbaiki kerapuhan dan kebocoran pembuluh darah.

    Informasi mengenai propolis dapat dibaca
    obatpropolis.com
    Trubus-online.co.id

    semoga bermanfaat.
    InsyaAllah

    ReplyDelete
  2. Ini sangat bermanfaat,! Saya yakin adik saya sembuh dengan obat herbal daripada mengandalkan dokter,!

    ReplyDelete
  3. info yang sangat bermanfaat bagi kami yang ingin mengetahui gejala wasir dan pengobatannya, trims sekali

    ReplyDelete
  4. pake air rebusan daun bandotan i.allah sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. RIZAL AIR REBUSAN DAUN BANDOTAN DI APAKAN MINUM APA DI KOM KOM MOHON INFOX DN SMS KE 085204852555.TRIM

      Delete
  5. Info yang sangat bermanfaat ! Trims ya

    ReplyDelete
  6. info yang sangat bermamfaat, makasih!

    ReplyDelete