Mengatasi Bibir yang Pecah-pecah

Suka membasahi bibir dengan cara menjilat ketika merasa bibir Anda kering? Padahal, bibir bisa makin kering dan bahkan pecah-pecah jika Anda mencoba membuat bibir jadi lembap dengan membasahinya dengan air liur. Hal ini disebabkan oleh zat asin dari air liur. Jika Anda bekerja di ruangan ber-AC dalam waktu yang cukup lama, kemungkinan bibir menjadi kering dan pecah-pecah makin besar.

Untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah, ikuti tips dari Audrey Kunin, dermatolog dari Kansas City, Missouri, berikut.

1. Pilih pelembap yang tepat
Gunakan pelembap yang mampu melekat agar cepat meresap ke bagian yang pecah-pecah. Sebaiknya pelembap mengandung bahan seperti shea butter, ataupun yang mengandung senyawa petrolatum dan dimethicone yang berfungsi menjaga kelembapan dan tekstur kulit. Jika Anda sering bertugas di bawah terik matahari gunakan pelembap dengan SPF (sun protection factor) agar bibir tidak menghitam.

2. Gunakan lipbalm yang mengandung pH balance
Kadang, pemakaian peralatan kosmetik, pasta gigi, obat kumur, dan pembersih muka bisa merusak keseimbangan pH kulit Anda. Nah, lebih baik cari bahan yang memang seimbang dengan pH kulit Anda (pH 7).

Akan cukup membantu bila Anda menggunakan lipbalm setelah menggosok gigi atau mencuci muka. Sebab kandungan detergen atau alkohol dalam produk pembersih wajah dan gigi itu bisa menyebabkan kekeringan.

3. Gunakan masker madu
Madu tidak hanya baik untuk masker wajah. Saat Anda menggunakan masker ini, oleskan juga pada bibir. Untuk perawatan sehari-hari, oleskan 3-4 tetes madu ke bibir sebelum tidur.

4. Lipbalm dengan alpha hydroxy acid
Jangan mengelupasi kulit bibir yang pecah. Hal ini dapat mengakibatkan perih dan bahkan berdarah. Bibir pun jadi lebih sensitif. Untuk mengangkat lapisan kulit mati itu, gunakan lipbalm yang mengandung alpha hydroxy acid. Jangan menggunakan scrub, washlap, atau alat lain yang bisa melukai bibir.

5. Perbanyak minum dan makan buah
Jika Anda mengalami bibir pecah tanpa mengenal waktu, kemungkinan Anda kurang minum, atau kekurangan serat. Perbanyak makan buah dan sayur-sayuran sehingga menjadi tidak kekurangan gizi.

No comments:

Post a Comment